Balado Teri

Niatnya mau bikin teri pedas manis, tapi entah ini lebih tepatnya jadinya balado teri. Rasanya keasinan 😯 gara-gara cabe merahnya udah diulek duluan pake garam.

Bahan:

  • 1/2 ons teri nasi / teri halus
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe hijau
  • 6 buah bawang merah
  • 1/4 buah bawang putih
  • 3 iris tipis jahe dan 3 iris tipis laos
  • 1 buah asem jawa
  • 1 keping koin gula merah
  • minyak goreng

Let’s cook:

  1. Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe dan laos.
  2. Iris sedikit tebal cabe hijau, sisihkan.
  3. Iris gula merah, sisihkan.
  4. Rendam gula jawa dengan air panas hingga lumat, sisihkan.
  5. Goreng teri sampai warnanya kuning kecokelatan.
  6. Tiriskan teri, bersihkan penggorengan dan ganti dengan minyak goreng bersih.
  7. Tumis bumbu irisan sampai beraroma. Kecuali cabe hijau dan gula merah.
  8. Masukkan air asem, cabe hijau, dan gula merah. Aduk rata. Kecilkan api penggorengan
  9. Masukkan teri. Aduk rata.
  10. Sajikan bersama nasi putih hangat. Selamat bermaknyuus..
Advertisements

Biji Pala

Suka masak pakai biji pala? Yepz! Sama, biasanya kalau lagi masak sop. Biji pala menambah cita rasa khas.


Pagi tadi nyoba beli di pasar tradisional di Jl. Siliwangi. Mungkin aku salah alamat. Beli seharga dua ribu rupiah dikasih cuma sebutir, dibungkus kertas koran lebar banget, plus ekspresi jamedud alias manyun si bapak yang jualnya. Siangnya ternyata aku dapetin di Supermarket yang terkenal harganya agak miring. Satu kemasan biji pala ini berisi dua belas butir, ukurannya sama segede jempol, dibanderol dengan harga Rp. 10.500,- jadi hitung aja harga per bijinya adalah Rp. 875,- rupiah. More worth it, right? Nggak perlu ditambah ekspresi cemberut pula πŸ™‚

Bolu Cokelat Kara

Minggu ini abis jalan-jalan pagi ke Pasar Gebrak Sumber, biasanya kesana suka nyari barang-barang unik.

Pulangnya nyiapin bahan-bahan buat bikin bolu cokelat kara:

  • 200 gram gula pasir
  • 160 gram tepung terigu
  • 40 gram cokelat bubuk van houten
  • 100 gram margarin, dicairkan
  • 200 ml santan kara
  • 1 sendok makan TBM
  • 5 butir telur

(tepung terigu dan cokelat bubuk diayak siapkan dalam satu wadah)

Mariii…

  1. Kocok gula dan telur dengan mixer kurang lebih 10 menit. Tambahkan TBM, kocok lagi selama 5 menit.
  2. Masukkan secara bertahap dan bergantian antara ayakan terigu+cokelat bubuk, margarin, dan santan kara. Aduk rata.
  3. Masukkan ke dalam cetakan bolu ukuran besar dan bundar.
  4. Kukus adonan selama 40 menit. Kukusan jangan dibuka sampai batas waktu kematangan.
  5. Angkat dan sajikan sebagai teman minum teh β˜•

minat? temenan doonk πŸ™‚

Kue imoet

Hasil googling karena niat nyari resep kue cubit. liburan ini nyoba aja…

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu, maaf aku kurangi takarannya jadi 70 gram supaya nggak jadi adonan bolu πŸ™‚
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ΒΌ sdt soda kue
  • Β½ sdt baking powder
  • cokelat meises secukupnya
Β 
  1. Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Menggunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  3. Panaskan cetakan kue di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan
  4. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan cokelat meises lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecokelatan. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan hangat.

IMG_20170902_210639

Cemilan sederhana sebagaimana rasa yang kupunya. Kutak miliki banyak uang dan materi untuk membeli cinta, hanya kuberbagi ketulusan lewat cipta dan karya.

Cheese Om

Telolet eh, omelet

Masih di edisi liburan kira-kira mau bikin sarapan apalagi pagi ini? yang ada ajah bahannya.

Satu butir telur, siapkan dalam wadah, bubuhi sedikit garam, aduk dengan garpu Selembar keju tipe slice potong setengah bagian. Siapkan teflon dan olesi dengan mentega, panaskan. Dadar telur, masukan setengah lembar keju. Lipat dadar telur sebelum matang di penggorengan. Sajikan. Rasanya hmmm…lumerroo uno haha ..

Sedikit irisan mangga simanalagi dari halaman sendiri, taburi irisan cabe merah, sekadar untuk penyegar. Mari sarapan πŸ™‚

 

Tempe

Pekan yang panjang untuk libur pasca Idul Fitri 1438H, sewajarnya gerai-gerai makanan masih offline, pasar pun masih sepi. Lalu, mau ngemil apa ya pagi-pagi? Masa iya ngemilin opor sama rendang? πŸ˜€

Intip ada apaan aja di lemari pendingin, nemu sebatang tempe, di tempat bumbu dapur masih ada tepung bumbu serba guna, yuukk aah…bikin gorengan tempe…

Rendam dulu aja selama satu jam tempe mentah dalam mangkuk berisi air hangat yang telah dimasukkan setengah butir bawang putih dan setengah sendok teh garam. Setelah itu sisihkan tempe, aduk-aduk dalam taburan kering bumbu serba guna

Ice Mentos Tea

Puaaaanaseee….

Menurut info dari RRI dampak dari era industrialisasi menyebabkan temperatur di permukaan bumi mengalami kenaikan 1,2 derajat celcius.

Terus gimana kalau kita segerin diri aja dulu pake ice mint tea dari Dapoer Mcoffeey?

IMG_20170513_143057

Siang ini sembari mampir ke supermarket sekalian beli sebungkus daun mint. Sampe rumah nyobain kurang lebih sepuluh lembar daun mint direbus dengan air sebanyak 200 cc hingga mendidih, masukkan teh celup sampai melarut kecokelatan. Tuang dalam gelas dan tambahkan gula, aduk, tambahkan es batu, siap diseruput…… rasa mint-nya mana ya? πŸ˜† ide konyol mcoffeey, masukkan saja sebutir permen mentos mint. Baru deh kerasa ice mint tea-nya, eh… ice mentos tea πŸ˜€