Udang

Sebenarnya apa yang salah dengan hewan laut yang termasuk konsumsi umat manusia ini?

Udang, apa yang salah dengannya semasa zaman nenek moyang kita dulu? Apapun berkaitan dengan kata udang maka dikonotasikan dengan sesuatu yang negatif. Misal, otak udang, ada udang di balik batu, atau seperti udang baru ganti kulit πŸ˜€ adaaa aja ya?

Hari ini saya melihat ada udang di jelang waktu makan siang. Ada udang di…. ya di piring lah, udang laut ukuran sedang, digoreng pakai kecap siap disantap.

IMG_20180213_121451-777x1036

Selamat makan pemirsah πŸ‘©β€πŸ³

Advertisements

Sesegeran

Sekadar manfaatkan weekend buat berkreasi, setidaknya ada lah sesuatu karya yang dibuat dan bermanfaat. Karena itu akan membuat jalan pikiran tetap aktif, terbuka terhadap hal baru (tidak berputar-putar melulu di hal yang sama apalagi jelas nggak ada manfaatnya), membangkitkan keinginan untuk terus menambah ilmu, dan menyehatkan mental.

Siapin bahan:

  • 1 sachet bubuk agar-agar warna orange
  • 1/2 liter air mineral
  • 1/4 liter air mineral
  • 1/2 liter susu cair
  • 2 gram gula pasir
  • 1 sachet nutrisari rasa jeruk/mangga

mari kita buat,

  1. Siapkan alat pemanas misalnya panci atau wajan.
  2. Masukan air 1/2 liter, lalu gula pasir ke dalam panci. Panaskan dengan api kecil.
  3. Masukan bubuk agar-agar ke dalam gelas yang berisi 1/4 liter air, aduk rata, segera masukan larutan agar-agar ke dalam panci saat air dan gula telah larut dan mendidih. Aduk sebentar hingga rata. Matikan api.
  4. Masukan susu cair, aduk rata.
  5. Tuang adonan secara bertahap ke dalam loyang, jangan sampai habis.
  6. Taburkan nutrisari, tuang lagi adonan agar-agar hingga habis, taburkan lagi nutrisari di atasnya. Diamkan agar-agar hingga dingin, setelahnya boleh dimasukkan ke dalam kulkas agar terasa segar saat disantap

Mcoffeey FC

Minggu pagi seperti biasa 🚴 sampai ke area car free day di Jl. Siliwangi sekalian nyari cemilan sarapan, tapi yah…lagi garing. Jadinya mampir aja deh ke Pasar Kramat beli kentang setengah kiloan, terus beli juga fried chicken di gerai trotoar πŸ˜€ . Sampe di rumah, bersihkan kentang, kupas, goreng, tiriskan, taburi sedikit garam, mariii…santap dengan fried chicken, jangan lupa saos sambalnya.

Bakwan

Lagi pingin apa yah hari ini?

Buka-buka freezer, lemari makan, dapetin wortel sama kol, cabe rawit, minyak goreng. Bikin bakwan aja deh… yiuuu…

Bakwan

Nggak ribet kok. Cuma butuh waktu sekejap saja. Iris-iris kecil dan tipis wortel dan kol, buat adonan dalam mangkok, panaskan minyak dalam penggorengan, tidak perlu ada penambahan bahan lain, yaiyaalaah bikinnya pake tepung bumbu bakwan instant πŸ˜† Mariii sarapan 🍱

Si Manis dari Kediri

Desember itu identik dengan cuaca dingin. Pinginnya jadi ngemilin yang anget sambil mikilin kamuh πŸ˜†

Mariii merapat sini, ada si manis dari Kediri

Tape Kediri Goreng
  • 1 box tape kediri yang sudah matang
  • 4 sendok makan terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok makan pas gula pasir
  • garam sedikit ditaburkan aja
  • minyak goreng
  1. Masukkan ke dalam satu wadah terigu, gula pasir, garam, aduk rata, jika perlu boleh tambahkan sedikit air
  2. Masukkan tape, aduk rata
  3. Bentuk adonan bulat atau apa aja bebas seukuran sendok makan
  4. Goreng dalam penggorengan dengan api kecil
  5. Sajikan hangat sebagai teman minum β˜•

Sambal Mangga

Lagi musim mangga, enaknya bikin olahan apalagi ya dengan buah mangga? Cobain aahh…

Sambal mangga

santap bersama nasi putih hangat, maknyuuss...

  • 1 buah mangga, diparut
  • 5 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah diiris-iris
  • Terasi seujung sendok teh, bakar
  1. Ulek dulu cabe merah, cabe rawit, dan garam, sampai bijinya halus
  2. Masukkan gula merah, ulek
  3. Masukkan terasi, ulek sebentar
  4. Masukkan parutan mangga, aduk rata
  5. Sajikan

Balado Teri

Niatnya mau bikin teri pedas manis, tapi entah ini lebih tepatnya jadinya balado teri. Rasanya keasinan 😯 gara-gara cabe merahnya udah diulek duluan pake garam.

Bahan:

  • 1/2 ons teri nasi / teri halus
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 buah cabe hijau
  • 6 buah bawang merah
  • 1/4 buah bawang putih
  • 3 iris tipis jahe dan 3 iris tipis laos
  • 1 buah asem jawa
  • 1 keping koin gula merah
  • minyak goreng

Let’s cook:

  1. Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe dan laos.
  2. Iris sedikit tebal cabe hijau, sisihkan.
  3. Iris gula merah, sisihkan.
  4. Rendam gula jawa dengan air panas hingga lumat, sisihkan.
  5. Goreng teri sampai warnanya kuning kecokelatan.
  6. Tiriskan teri, bersihkan penggorengan dan ganti dengan minyak goreng bersih.
  7. Tumis bumbu irisan sampai beraroma. Kecuali cabe hijau dan gula merah.
  8. Masukkan air asem, cabe hijau, dan gula merah. Aduk rata. Kecilkan api penggorengan
  9. Masukkan teri. Aduk rata.
  10. Sajikan bersama nasi putih hangat. Selamat bermaknyuus..

Biji Pala

Suka masak pakai biji pala? Yepz! Sama, biasanya kalau lagi masak sop. Biji pala menambah cita rasa khas.


Pagi tadi nyoba beli di pasar tradisional di Jl. Siliwangi. Mungkin aku salah alamat. Beli seharga dua ribu rupiah dikasih cuma sebutir, dibungkus kertas koran lebar banget, plus ekspresi jamedud alias manyun si bapak yang jualnya. Siangnya ternyata aku dapetin di Supermarket yang terkenal harganya agak miring. Satu kemasan biji pala ini berisi dua belas butir, ukurannya sama segede jempol, dibanderol dengan harga Rp. 10.500,- jadi hitung aja harga per bijinya adalah Rp. 875,- rupiah. More worth it, right? Nggak perlu ditambah ekspresi cemberut pula πŸ™‚