Sarapan

ice coffee milk and toasted rolls of peanut butter covered with milk
Advertisements

Nasi Uduk Sewiwi

Siaaaang….

Udah pada makan siang ini? Di long weekend hari kedua ini saya sejak pagi berkutat di dapur, eh, diawali belanja dulu tadi ke pasar buat beli bahan-bahan. Nah, akhirnya jadi deh:

Apaan aja?

– 200 gram beras

– 400 gram kelapa parut

– 3 cm serai

– 1 lembar daun salam

– 1 sendok makan pas garam

Bersihkan beras. Sisihkan. Beri dua gelas air bersih pada kelapa parut. Saring, ambil perasan airnya untuk dibuat santan encer. Didihkan. Ambil air santan yang sudah masak lalu tanak bersama nasi, bubuhi garam, serai, dan daun salam. Untuk menambah aroma alami, alasi dulu penanak nasi dengan beberapa helai daun pisang yang sudah dibakar sebentar di atas api. Masak hingga nasi matang.

Untuk tambahan variannya bolehlah saya tambahkan ayam goreng sewiwi, dadar telor, irisan lalapan timun dan daun kemangi, jangan lupa sambal. Mari bersantap 🍽  siang.

Nyambelin Nanas

Sembari belanja sayur ke pasar pagi tadi, lihat ada nanas yang emang belakangan hari lagi musim nanas Pemalang. Satu buahnya dibanderol tujuh ribu rupiah. Terinspirasi pingin buat sambal nanas. Bukan sambal panas lho yaa…kalau itu sih buat nyambelin orang pongah modal kosong tapi sombong. #edisi ngejar pajero padahal kopaja πŸ˜†

Bahannya:

1 butir nanas matang

5 buah cabe merah keriting

4 butir cabe rawit

1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh gula merah

terasi sedikit saja, goreng sebentar, sisihkan

Kupas nanas, bersihkan, iris atau potong dadu. Sisihkan. Goreng cabe merah dan cabe rawit dengan sedikit minyak sebentar saja. Tiriskan. Uleg cabe dan garam sampai halus. Masukkan gula merah, uleg lagi. Masukkan terasi, uleg sebentar. Masukkan empat potong nanas, tumbuk sampai rata dengan sambal.

Sambal nanas dapoer mcoffeey

Sajikan dengan menambahkan beberapa iris nanas.

Udang

Sebenarnya apa yang salah dengan hewan laut yang termasuk konsumsi umat manusia ini?

Udang, apa yang salah dengannya semasa zaman nenek moyang kita dulu? Apapun berkaitan dengan kata udang maka dikonotasikan dengan sesuatu yang negatif. Misal, otak udang, ada udang di balik batu, atau seperti udang baru ganti kulit πŸ˜€ adaaa aja ya?

Hari ini saya melihat ada udang di jelang waktu makan siang. Ada udang di…. ya di piring lah, udang laut ukuran sedang, digoreng pakai kecap siap disantap.

IMG_20180213_121451-777x1036

Selamat makan pemirsah πŸ‘©β€πŸ³

Sesegeran

Sekadar manfaatkan weekend buat berkreasi, setidaknya ada lah sesuatu karya yang dibuat dan bermanfaat. Karena itu akan membuat jalan pikiran tetap aktif, terbuka terhadap hal baru (tidak berputar-putar melulu di hal yang sama apalagi jelas nggak ada manfaatnya), membangkitkan keinginan untuk terus menambah ilmu, dan menyehatkan mental.

Siapin bahan:

  • 1 sachet bubuk agar-agar warna orange
  • 1/2 liter air mineral
  • 1/4 liter air mineral
  • 1/2 liter susu cair
  • 2 gram gula pasir
  • 1 sachet nutrisari rasa jeruk/mangga

mari kita buat,

  1. Siapkan alat pemanas misalnya panci atau wajan.
  2. Masukan air 1/2 liter, lalu gula pasir ke dalam panci. Panaskan dengan api kecil.
  3. Masukan bubuk agar-agar ke dalam gelas yang berisi 1/4 liter air, aduk rata, segera masukan larutan agar-agar ke dalam panci saat air dan gula telah larut dan mendidih. Aduk sebentar hingga rata. Matikan api.
  4. Masukan susu cair, aduk rata.
  5. Tuang adonan secara bertahap ke dalam loyang, jangan sampai habis.
  6. Taburkan nutrisari, tuang lagi adonan agar-agar hingga habis, taburkan lagi nutrisari di atasnya. Diamkan agar-agar hingga dingin, setelahnya boleh dimasukkan ke dalam kulkas agar terasa segar saat disantap

Mcoffeey FC

Minggu pagi seperti biasa 🚴 sampai ke area car free day di Jl. Siliwangi sekalian nyari cemilan sarapan, tapi yah…lagi garing. Jadinya mampir aja deh ke Pasar Kramat beli kentang setengah kiloan, terus beli juga fried chicken di gerai trotoar πŸ˜€ . Sampe di rumah, bersihkan kentang, kupas, goreng, tiriskan, taburi sedikit garam, mariii…santap dengan fried chicken, jangan lupa saos sambalnya.

Bakwan

Lagi pingin apa yah hari ini?

Buka-buka freezer, lemari makan, dapetin wortel sama kol, cabe rawit, minyak goreng. Bikin bakwan aja deh… yiuuu…

Bakwan

Nggak ribet kok. Cuma butuh waktu sekejap saja. Iris-iris kecil dan tipis wortel dan kol, buat adonan dalam mangkok, panaskan minyak dalam penggorengan, tidak perlu ada penambahan bahan lain, yaiyaalaah bikinnya pake tepung bumbu bakwan instant πŸ˜† Mariii sarapan 🍱

Si Manis dari Kediri

Desember itu identik dengan cuaca dingin. Pinginnya jadi ngemilin yang anget sambil mikilin kamuh πŸ˜†

Mariii merapat sini, ada si manis dari Kediri

Tape Kediri Goreng
  • 1 box tape kediri yang sudah matang
  • 4 sendok makan terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok makan pas gula pasir
  • garam sedikit ditaburkan aja
  • minyak goreng
  1. Masukkan ke dalam satu wadah terigu, gula pasir, garam, aduk rata, jika perlu boleh tambahkan sedikit air
  2. Masukkan tape, aduk rata
  3. Bentuk adonan bulat atau apa aja bebas seukuran sendok makan
  4. Goreng dalam penggorengan dengan api kecil
  5. Sajikan hangat sebagai teman minum β˜•

Sambal Mangga

Lagi musim mangga, enaknya bikin olahan apalagi ya dengan buah mangga? Cobain aahh…

Sambal mangga

santap bersama nasi putih hangat, maknyuuss...

  • 1 buah mangga, diparut
  • 5 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah diiris-iris
  • Terasi seujung sendok teh, bakar
  1. Ulek dulu cabe merah, cabe rawit, dan garam, sampai bijinya halus
  2. Masukkan gula merah, ulek
  3. Masukkan terasi, ulek sebentar
  4. Masukkan parutan mangga, aduk rata
  5. Sajikan