Bolu Cokelat Kara

Minggu ini abis jalan-jalan pagi ke Pasar Gebrak Sumber, biasanya kesana suka nyari barang-barang unik.

Pulangnya nyiapin bahan-bahan buat bikin bolu cokelat kara:

  • 200 gram gula pasir
  • 160 gram tepung terigu
  • 40 gram cokelat bubuk van houten
  • 100 gram margarin, dicairkan
  • 200 ml santan kara
  • 1 sendok makan TBM
  • 5 butir telur

(tepung terigu dan cokelat bubuk diayak siapkan dalam satu wadah)

Mariii…

  1. Kocok gula dan telur dengan mixer kurang lebih 10 menit. Tambahkan TBM, kocok lagi selama 5 menit.
  2. Masukkan secara bertahap dan bergantian antara ayakan terigu+cokelat bubuk, margarin, dan santan kara. Aduk rata.
  3. Masukkan ke dalam cetakan bolu ukuran besar dan bundar.
  4. Kukus adonan selama 40 menit. Kukusan jangan dibuka sampai batas waktu kematangan.
  5. Angkat dan sajikan sebagai teman minum teh ☕

minat? temenan doonk 🙂

Advertisements

Kue imoet

Hasil googling karena niat nyari resep kue cubit. liburan ini nyoba aja…

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu, maaf aku kurangi takarannya jadi 70 gram supaya nggak jadi adonan bolu 🙂
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • cokelat meises secukupnya
 
  1. Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Menggunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  3. Panaskan cetakan kue di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan
  4. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan cokelat meises lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecokelatan. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan hangat.

IMG_20170902_210639

Cemilan sederhana sebagaimana rasa yang kupunya. Kutak miliki banyak uang dan materi untuk membeli cinta, hanya kuberbagi ketulusan lewat cipta dan karya.

Cheese Om

Telolet eh, omelet

Masih di edisi liburan kira-kira mau bikin sarapan apalagi pagi ini? yang ada ajah bahannya.

Satu butir telur, siapkan dalam wadah, bubuhi sedikit garam, aduk dengan garpu Selembar keju tipe slice potong setengah bagian. Siapkan teflon dan olesi dengan mentega, panaskan. Dadar telur, masukan setengah lembar keju. Lipat dadar telur sebelum matang di penggorengan. Sajikan. Rasanya hmmm…lumerroo uno haha ..

Sedikit irisan mangga simanalagi dari halaman sendiri, taburi irisan cabe merah, sekadar untuk penyegar. Mari sarapan 🙂

 

Tempe

Pekan yang panjang untuk libur pasca Idul Fitri 1438H, sewajarnya gerai-gerai makanan masih offline, pasar pun masih sepi. Lalu, mau ngemil apa ya pagi-pagi? Masa iya ngemilin opor sama rendang? 😀

Intip ada apaan aja di lemari pendingin, nemu sebatang tempe, di tempat bumbu dapur masih ada tepung bumbu serba guna, yuukk aah…bikin gorengan tempe…

Rendam dulu aja selama satu jam tempe mentah dalam mangkuk berisi air hangat yang telah dimasukkan setengah butir bawang putih dan setengah sendok teh garam. Setelah itu sisihkan tempe, aduk-aduk dalam taburan kering bumbu serba guna

Ice Mentos Tea

Puaaaanaseee….

Menurut info dari RRI dampak dari era industrialisasi menyebabkan temperatur di permukaan bumi mengalami kenaikan 1,2 derajat celcius.

Terus gimana kalau kita segerin diri aja dulu pake ice mint tea dari Dapoer Mcoffeey?

IMG_20170513_143057

Siang ini sembari mampir ke supermarket sekalian beli sebungkus daun mint. Sampe rumah nyobain kurang lebih sepuluh lembar daun mint direbus dengan air sebanyak 200 cc hingga mendidih, masukkan teh celup sampai melarut kecokelatan. Tuang dalam gelas dan tambahkan gula, aduk, tambahkan es batu, siap diseruput…… rasa mint-nya mana ya? 😆 ide konyol mcoffeey, masukkan saja sebutir permen mentos mint. Baru deh kerasa ice mint tea-nya, eh… ice mentos tea 😀

Banana Cheese Ball

Salah satu varian menu sarapan di Dapoer Mcoffeey

Banana Cheese Ball

 

Mingguan kemarin lagi bikin percobaan ajah… satu buah pisang, rebus dengan air ditambah dua sendok makan gula pasir. Tiriskan. Bejek-bejek pisang pakai garpu hingga lumat. Masukkan susu kental manis parutan keju, aduk hingga rata. Masukkan potongan keju berbentuk dadu. Bentuk membulat sebesar bola pingpong. Gulirkan dalam taburan tepung terigu. Lalu goreng hingga menguning. Angkat dan sajikan.

Bahan yang perlu disiapkan:

  • satu buah pisang yang bisa diolah
  • 2 sdm gula pasir
  • air untuk merebus
  • keju kraft 35 gram, gunakan secukupnya aja tidak perlu semuanya. sebagian diparut, sebagian dipotong dadu kecil
  • 1/2 sachet susu kental manis
  • 3 sdm tepung terigu
  • minyak untuk menggoreng

Untuk porsi lebih bisa disesuaikan takarannya.

Ikan Bakar mcoffeey

2009 silam, aku bersama temanku iseng jalan malam sekadar pingin nyari menu bakar-bakaran di area alun-alun kota. Pilihan kami jatuh pada tenda ikan bakar. Setiap melewati tenda ikan bakar yang sedang membakar ikan dan menu laut lainnya udah pasti kepulan asapnya memancarkan aroma sedap menggoda, mengundang selera makan.  Agak bingung aja sih waktu itu, untuk per satu ekor ikan mentahnya aja sudah dihitung otomatis sekilo *satu ekor ikan yang berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa ❓ Kemudian dua ekor ikan pesanan kami pun dengan sigap dibakar di atas bara api oleh penjualnya. Dan nggak lama masing-masing untuk kami tersaji sepiring nasi putih, satu gelas es teh botol, dan ikan bakar yang aromanya hmmm….. sayang, rasanya luarrr biasa hambar. Jadi aroma sedap selama dibakar di atas bara tadi sekadar bersumber dari olesan mentega dan kecap, tapi sama sekali tidak ada bumbu untuk ikannya. Untuk semua itu kami harus merogoh kocek lima puluh ribu per porsi. Ikan bakar yang nggak ada rasa. 😦

Kemarin, Minggu pagi di pasar aku iseng aja beli satu ekor ikan tongkol. Satu ekor tongkol setelah ditimbang seberat seperempat kilo harganya enam rupiah saja. Belanja bumbu-bumbunya sekitar dua puluh satu ribu rupiah. Yuk mariii kita bakar ikan di Dapoer mcoffeey….

Sebelumnya, bersihkan dulu ikan, cuci dengan air bersih, taburi garam secukupnya, dan beri perasan jeruk nipis, diamkan ikan dalam pendingin selama tiga puluh menit.

Ikan Bakar mcoffeey_3
processing…..

Bahan:

  • 1 ekor ikan tongkol 250 gram
  • 6 butir bawang merah
  • 1/2 butir bawang putih
  • 1/4 sdm ketumbar
  • 1/2 sdm garam
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 1 buah asam kandis
  • 2 cm jahe
  • 1/2 potong kemiri
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 sdm mentega
  • 1 liter air

Haluskan garam dan ketumbar. Menyusul, haluskan juga cabe merah, bawang, kemiri.
Setelah semua bumbu ditumbuk halus, sisihkan. Masak air dalam wadah hingga mendidih. Masukkan semua bumbu, aduk hingga bergolak. Masukkan ikan dan masak hingga airnya hampir habis. Siapkan pemanggang olesi dengan mentega. Masukkan ikan, panggang dengan api kecil hingga matang. Sajikan pas di waktu makan siang bersama keluarga.

Ikan Bakar mcoffeey.jpg
Ikan Tongkol Bakar mcoffeey

Singkong Renyah

Pendirian boleh keras tetapi tidak dengan singkong goreng. Renyah di luar dan empuk di dalam.

Baru aja semalem lagi jalan-jalan di dunia maya, nggak direncana ngebaca resep cara membuat singkong goreng renyah dan nggak berminyak. Eh, Minggu paginya ada aja rejeki 🙂 dapet kiriman dari mamang sesisir pisang kapas dan singkong. Whuaaahh…. ternyata ngedapetin tips singkong goreng semalem itu semacam firasat ya? hehe….

Yiuu marii kita buat aja singkongnya dulu.

  • 2 batang singkong
  • 2 butir bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 cm kunyit
  • minyak untuk menggoreng
  • air untuk merebus singkong
  • es batu secukupnya untuk merendam singkong

Bersihkan, cuci, kupas, potong singkong. Haluskan semua bumbu. Siapkan air dalam panci, takaran air harus merendam semua singkong. Rebus singkong bersama bumbu yang sudah dihaluskan selama + 30 menit. Setelah direbus, buang air rebusan dan sisakan ampasnya. Biarkan singkong bersama ampasnya di dalam panci. Masukkan es batu hingga menutupi semua singkong selama + 30 menit. Kegunaan rendaman dengan es ini agar saat digoreng nanti singkong tidak menyerap minyak. Angkat singkong, tiriskan sebentar. Siapkan penggorengan. Goreng singkong hingga menguning. Sajikan hangat.

IMG_20170326_105341

Pisgor Sambal

sambala sambala bala sambalado terasa pedas, terasa panas…. #Ayu Ting Ting

Musim hujan belum berlalu, beradaptasi dengan cuaca dingin pinginnya mencari makanan / minuman hangat. Rumpi-rumpi sama teman asal Sulawesi, katanya kalau disana ngemil pisang goreng itu dicocol pake sambal. Jadi rasanya pedas manis. Penasaran, aku googling resepnya dan dapetin dari Ciresep. Cuma kalau ini sih masih modifnya mcoffeey. Di daerahku masih sulit mencari cabe rawit merah, sementara yang ada aja dulu. Bahan sambal yang aku pake hampir sama dengan Ciresep:

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 1 sdt terasi goreng
  • 1 siung bawang putih goreng
  • 1 tomat kecil
  • garam secukupnya

Sambal buatan mcoffeey, karena baru nyoba-nyoba dan cabe rawitnya hanya tersedia yang warna ijo (hijau) aja, takaran terasi dan bawang putihnya juga aku kurangi karena nggak terlalu akrab dengan aromanya hehehe….

  • 10 buah cabe rawit hijau
  • 1/2 sdt terasi goreng
  • 1/2 siung bawang putih goreng
  • 1 tomat kecil
  • garam secukupnya

Rasa sambalnya hmm…. lumayan pedas gurih.

PisgorPedas
Sample pisgor. nyobain bikin pisang goreng pake sambal :mrgreen:

Jiaaah…bentuk pisgornya masih nggak karuan, tar deh nyoba lagi 😀

yang ini bekal pagi buat sarapan di kantor. Pisang bakar cheese-spicy