Terperangkap Opini Publik

Semasa lulusan sekolah dulu merebak opini, yang saya pikir juga adalah sebuah opini yang juga sudah melekat bahkan pada generasi sebelum saya, yaitu kalau lulusan kuliah jurusan ekonomi atau akuntansi bakalan mudah diterima bekerja di perusahaan manapun, termasuk buka usaha sendiri. Pula beropini kalau dari jurusan eksak akan mudah saja beradaptasi dengan mata kuliah akuntansi. Maka yang terjadi di masa kelulusan SMA dari kelas saya yang berjumlah dua puluh lima orang, mau ngerti mau nggak – dua dalam tiga tahun di bangku SMA fokusnya di bidang eksak berbondonglah begitu lulus sekolah lantas ‘nyeberang’ mengambil jurusan tersebut. Hasilnya, wallahu a’lam… tapi yang sempat saya tahu beberapa dari teman saya kala baru saja melewati satu semester pertama mengaku jeblok begitu ketemu dengan mata kuliah akuntansi lalu memutuskan pindah jurusan. Iya buat yang bisa lancar mengikuti nggak masalah, lancar jaya abadi. Untung saya nggak ikut rombongan yang terjun ke ekonomi-akuntansi. Laah dari masa SMP aja saya keteter melulu di kedua mapel itu, malah sering jadi bulan-bulanan guru mapelnya, saking kesalnya saya sering ‘ngerjain’ mulai dari menaruh aroma tak sedap sampai taro petasan di kolong meja gurunya πŸ˜† Dulu di bangku SMP saya dapat mata pelajaran Ekonomi dan Jurnal Tata Buku (kira-kira sub bidangnya ilmu akuntansi). Jadi begitu lulus SMP dan masuk SMA saya berjanji pada diri untuk nggak mau ketemu lagi sama si eko dan si akun.

Sering kita terperangkap dalam opini publik. Beranggapan bahwa pendapat tersebut sangat benar dan dapat diterima secara universal. Sementara isi kepala, kemampuan, kecakapan, bakat, minat, visi setiap individu adalah unik.

Tahun 2008 pernah saya diberangkatkan untuk Master Class Program di bidang Geomechanical Application Technology. Untuk peserta umum dikenakan biaya delapan juta rupiah. Buat saya yang Alhamdulillah dapat free ticket boleh gratissss πŸ™‚ plus fasilitas dan akomodasi yang saya dapat nggak beda dengan yang berbayar. Sudah ditanggung full oleh instansi. Konon informasinya kalau beroleh sertifikasi resmi program tersebut mudah lolos. Lolos kemana ya nggak tau, wkwkwk… Sayangnya, buat saya, ilmu dari program tiga hari di Hyatt Bandung yang Instrukturnya aja International Geomechanics Specialist, nggak ada apa-apanya :mrgreen: Mau disangkutin kemanaaa di bidang pekerjaan saya yang di tahun tersebut berkutat mengelola media massa online. Jauh sangat panggang dari api πŸ˜†

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s