Give in

Pernah nonton atau baca kisahnya Dilan & Milea? Di sini aku nggak bermaksud me-review film atau novelnya, yang beberapa waktu lalu naik daun.

Kalau diinget lagi jalan ceritanya, kenapa juga waktu Milea secara sepihak memproklamirkan kata ‘putus’ tanpa ada perundingan meja bunda eh, meja bundar kali yah? Ditambah lagi dalam situasi di saat yang sama Milea tengah ditemani sama saudara sepupunya, Yugo. Dengan mudahnya kesimpulan sepihak pun segera melintas di kepala Dilan yang tengah pula berada dalam suasana panas, menduga Yugo adalah pacar baru Milea. Sebagai cowok, sebagai pacarnya, usai kata putus dari Milea, Dilan lebih memilih sikap pasif, membiarkan Milea dengan keputusannya sendiri, nggak berusaha mengejar, nelpon kek, minta waktu buat bicara empat mata, gitu, biar ada klarifikasi masalah.

Set her free! 

Begitu kira-kira gambaran karakter yang ditunjukkan Dilan, dengan argumen terjujur dari lubuk hatinya, bahwa dengan bersikap sedemikian itu adalah bentuk penghargaan setinggi-tingginya terhadap keputusan hati kekasihnya. Emang sebenernya si Dilan itu nggak cinta-cinta banget apa sama Milea? Kok diputusin secara sepihak gitu diem aja? Padahal kala itu kesempatan masih terentang luas, masih tinggal di satu kota meski Dilan udah harus pindah sekolah, belum pula ada janur kuning melengkung di depan jalan menuju rumah Milea. Di edisi ketiga novelnya sih, pengakuan Dilan, berada dalam kondisi seperti itu nggak berbeda juga sama kaum hawa, yang pasti dirasa sedih, kehilangan, pake dalem banget lagi, pengen bisa kembali ke masa-masa indah yang sebelumnya udah terjalin manis dan lugu, cuma bedanya Dilan lebih menyimpan dalam-dalam gemuruh kesedihannya, ekspresi wajahnya tetap tenang, di kemudian hari pun ketika dipertemukan kembali dengan Milea -udah berstatus menikah dengan lelaki lain.

Jadi, set her free itu nggak berat? Berat banget malah, lebih berat ketimbang menanggung rindu.

Advertisements

4 thoughts on “Give in

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s