47 Meters Down (2017) – a Movie Resume

47-Meters-Down-2017Mengusir rasa bosan melanda dirinya Lisa pergi berlibur ke Mexico bersama adiknya, Kate. Di penginapan yang nyaman mereka menikmati bersantai di kolam renang. Namun tetap saja Lisa merasa liburan tersebut membosankan. Lebih lagi dirinya tengah dilanda kelaraan karena baru saja putus dengan kekasihnya, Stuart. Lelaki itu memutuskan Lisa karena menganggap Lisa hanyalah sosok gadis yang membosankan. Lisa berusaha bangkit. Dengan pergi berlibur jauh dia ingin membuktikan pada Stuart bahwa dirinya pun bisa bersenang-senang. Tetapi dengan hanya berada di penginapan dan bemain di kolam renang, belumlah ditemukan arti bersenang-senangnya.

Hingga timbul ide dari Kate. Adiknya itu mengajak Lisa menghabiskan malam di club. Bertemulah mereka dengan dua orang pemuda Mexico. Mereka pun langsung saling menyukai. Kedua pemuda tadi mengajak Lisa dan Kate menyelam di laut untuk melihat lebih dekat ikan hiu. Awalnya Lisa sangat takut dan menolak tetapi Kate mengingatkan bahwa Lisa harus membuktikan pada Stuart bahwa dirinya bisa berpetualang seru. Lisa akhirnya setuju.

Keesokannya berangkatlah mereka dengan kapal kecil menuju tengah laut. Adegan mendebarkan dimulai. Di tengah laut itu mereka akan menyelam dengan selain menggunakan perlengkapan penyelaman juga akan menggunakan jeruji sebagai pelindung di kedalaman laut. Lagi-lagi Lisa ragu, apakah jeruji tersebut cukup aman, lebih karena besi-besinya sudah terlihat berkarat. Kate dan teman-temannya berhasil meyakinkan. Javier dan Louis lebih dulu membuktikan, mereka duluan menyelam dalam jeruji, dan berhasil kembali lagi dalam lima menit dengan foto-foto seru di dasar laut bersama hiu.

Giliran Lisa dan Kate. Nasib malang justru menimpa di giliran para gadis. Di kala mereka berada di kedalaman bawah permukaan laut, tali derek jeruji terputus, tragis jeruji mereka langsung terjun bebas ke dasar laut dalam sejauh 47 meter. Sementara persediaan oksigen pun semakin menurun. Ditambah pula pintu jeruji tertimpa oleh besi derek. Mencoba mencari cara, Berdua gadis itu benar-benar terjun dalam aksi survival. Pilihan bertahan dalam dasar laut dengan oksigen terbatas jelas tidak mungkin. Keluar dari jeruji pun terancam oleh kejaran kebuasan hiu. Kate berusaha keluar dari jeruji untuk menghubungi Taylor. Karena sinyal komunikasi di antara mereka baru bisa didapat di kedalaman tiga puluh meter ke atas. Di bawah itu sinyal terputus. Sisa oksigen Kate semakin menipis. Bergantian, Lisa yang keluar dari jeruji mencari cara bantuan.

Javier beberapa waktu kemudian datang menolong, sayang baru saja hendak menemukan Kate dan Lisa, Javier tewas diterkam hiu. Meski sangat panik dan ketakutan, Lisa memungut peralatan dari Javier yang sekiranya berguna. Lisa juga berhasil mendapat kabel derek lalu menyangkutkannya ke jeruji. Upaya pengangkatan pun dilakukan. Nahas kembali menimpa, baru saja naik sejauh dua puluh delapan meter, tali derek yang sudah lapuk terputus lagi. Kembali jeruji para gadis meluncur deras ke dasar laut dalam. Kaki Lisa kali ini terjepit besi jeruji. Taylor sedang mencoba mencari bantuan Tim Rescue dari darat dengan peralatan bantuan lebih lengkap tetapi baru bisa tiba sekitar satu jam lagi. Sementara Taylor hanya bisa memberikan bantuan tabung oksigen tambahan untuk Kate. Namun baru sesaat berhasil mengganti tabung oksigen, seekor hiu menyergapnya. Komunikasi dengan Kate terputus. Lisa tidak bisa berbuat banyak. Dia mencoba meraih tabung oksigen pengganti yang tadi dicoba digunakan Kate dengan menggunakan panah yang sempat diambil dari Javier. Lisa menduga Kate masih hidup. Upaya penyelamatan berusaha dilakukan Lisa. Mereka bahkan sudah hampir mencapai tepi kapal dan ditarik oleh kru di kapal tetapi seekor hiu menyergap kaki Kate. Sayangnya, aksi penyelamatan yang nyaris berhasil dilakukan tadi ternyata hanya halusinasi Lisa, karena kondisi trauma di kedalaman laut dan kadar nitrogen yang mempengaruhi otaknya. Kate sudah tidak ada. Lisa pun baru bisa dibebaskan dari kondisi terjepitnya setelah Tim Rescue datang menolongnya.

Hmm… jadi, baiknya jangan pernah menantang alam secara asal-asalan tanpa pemandu atau agen berpengalaman. Denyut dari aksi film ini lumayan menggigit saat merasakan bagaimana rasanya harus survive di dasar laut dalam, dan harus segera mengambil keputusan rumit. Tetap bertahan atau berjuang keluar dari jeruji mencari sinyal komunikasi.

  • Mandy Moore as Lisa, the elder sister
  • Claire Holt as Kate, the younger sister
  • Chris J. Johnson as Javier
  • Yani Gellman as Louis
  • Santiago Segura as Benjamin
  • Matthew Modine as Captain Taylor

Film Ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Juni 2017 dan di Inggris pada tanggal 26 Juli 2017.

Jenis Film : Horor, Thriler

Durasi : 92 menit

Negara Asal : Inggris

Sutradara : Johannes Roberts

Penulis Naskah : Johannes Roberts, Ernest Riera

Produser : James harris, mark Lane

Produksi : Dimension Films, Tea Shop & Film Company

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s