Pakai BB donk, say!

ngobrol“Kekasih mendesak saya menggunakan BB supaya lancar komunikasi. Jangankan memakai yang berbayar, komunikasi dengan fasilitas yang selama ini tersedia gratis saja seringnya kami berselisih kata. Kalau udah gitu bisa puasa bicara sampai lama.” Tepok jidat!

Demikian ungkap seorang teman. Wah, kalau begitu permasalahannya bukan pada ada atau berbedanya media komunikasi yang tersedia, melainkan pada ada atau tidaknya niat dari hati untuk membangun komunikasi itu sendiri.

Saya ilustrasikan dulu, semisal kita dikejutkan oleh kelakuan ekstrim seseorang yang memanjat dinding gedung menjulang tinggi tanpa alat bantu apapun tetapi nyatanya dia bisa. Lalu pasti orang-orang yang menyaksikannya berkata, tuh orang niat banget ya?

Nah, begitu juga komunikasi, khususnya antara dua individu. Media itu sifatnya hanya sebagai sarana untuk mempermudah, mendekatkan situasi jarak yang berjauhan. Namanya media, bentuknya bisa apa saja. Toh, apapun yang tersedia, setidaknya tidak terlalu ada jurang keterbatasan dan perbedaan yang signifikan, saya kira tidak semestinya dijadikan alasan untuk membatasi komunikasi itu sendiri. Ya, katakanlah sekarang jamannya BBM-an, mungkin beberapa waktu mendatang di kemudian hari akan muncul lagi media komunikasi yang lebih canggih lagi. Namun apapun itu, saya mesti kembali mengilustrasikan, jangan karena si anak punya Blackberry sementara orangtuanya hanya pakai telepon biasa, lalu si anak dan orang tuanya tak pernah saling bicara, misalnya.

Kalau persoalannya seperti di atas, berarti pola pikirlah yang mestinya disetarakan, pemahaman tentang komunikasi itu sendiri yang mesti lebih dimengerti lagi. Karena media itu hanya alat. Tanpa ada niat tak akan banyak yang bisa diperbuat.

Selamat berakhir pekan 🙂

Artikel Terkait:

Obrolan Ngopi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s