Yuk, Jadi Generasi Penulis!

Pagi ini aku membaca sebuah artikel dari Kompas.com tentang kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan terkait kewajiban menulis karya ilmiah bagi mahasiswa S-1, S-2, dan S-3. Baca: Harus Diakui, Banyak Mahasiswa “Gagap” Menulis

Wah, menulis saja bahkan harus diwajibkan ya? Artinya mesti dipaksa dulu hehe… 😀 Padahal aktivitas tulis-menulis apalagi menulis karya ilmiah bukankah semestinya sudah menjadi kebiasaan atau sesuatu hal yang membudaya di kalangan akademik, atau di kalangan pelajar / mahasiswa?

Tetapi ya kalo menurutku sih memang bener! Sudah semestinyalah kegiatan tulis-menulis itu bukan pekerjaan para kuli tinta semata, atau cuma bagi para pe-hobi (para blogger), atau para profesional di bidang penulisan saja. Karena kegiatan penulisan, terlebih penulisan karya ilmiah tentunya sangat berguna. Selain melatih kemampuan intelektual, mengasah ilmu pengetahuan, menimbulkan hobi membaca, menambah wawasan, juga dapat pula sebagai cara bertukar ilmu pengetahuan. Apalagi ya di jaman sekarang ini sudah begitu banyak sarana yang menampung berbagai aktivitas tulis-menulis, bisa di blog, bisa di forum-forum diskusi online, website, bahkan tak sedikit pula media-media massa yang menampung karya-karya tulis atau reportase peristiwa keseharian dari masyarakat umum (citizen journalism). menulis

Adapun jika kewajiban menulis karya ilmiah dikenakan kepada seluruh mahasiswa PTN ataupun PTS, itu adalah langkah-langkah kemajuan yang tentunya harus pula diimbangi dengan sarana yang mendukung, semisal ada wadahnya, dalam artian ada media yang menampung hasil-hasil karya tulis para mahasiswa -bisa di lingkungan intern ataupun ekstern, media bisa berupa majalah, koran, website, dsb., ada mata kuliah wajib tentang teknik penulisan karya ilmiah, sebaiknya dimulai semenjak semester awal perkuliahan, adanya pelatihan-pelatihan penulisan di luar materi perkuliahan seperti workshop atau seminar penulisan dengan mengundang para ahli atau pakar di bidang penulisan, bisa juga untuk memotivasi dibuat lomba-lomba penulisan karya ilmiah yang mana nantinya para pemenang akan mendapatkan penghargaan tak hanya berupa materi tetapi juga hadiah berupa buku, hadiah-hadiah menarik, dan penyajian karya ilmiahnya dalam media-media publikasi yang telah disediakan dan dapat diakses secara luas.

Dari Blog Joko Waluyo Tahun 2012 – Tahun Menulis ada kutipan para pakar tentang kebiasaan menulis, sebagai berikut:

”James Pennebaker, Ph.D. dan Janet Seager, Ph.D dalam Jurnal Clinical Psychology melaporkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan menulis umumnya memiliki kondisi mental lebih sehat dari mereka yang tidak punya kebiasaan tersebut. Pikiran yang sehat tentunya akan memiliki kekuatan untuk memberi dampak positif pada tubuh kita secara fisik.”

Dengan harapan nantinya setelah menyelesaikan pendidikan, aktivitas menulis menjadi daily aktivity. Menulis yang baik, menulis yang benar, menulis yang berilmu, tak lagi gagu atau gagap. Karena inipun sering saya temui di lingkungan kerja saya, padahal mereka juga dulunya mahasiswa lho…! Namun ketika saya mintai pendapat secara tertulis tentang suatu topik, tak ada yang mau menulis karena tidak ada ide mau menulis apa. Begitu pula ketika saya mintai pendapat secara lisan tak mau menjawab karena tak tahu harus menjawab apa…waahh…repot ya kalau bangsa kita jadi bangsa yang gagap? Karena itu, yuk biasakan menulis! Karena kebiasaan menulis tentunya tak lepas dari kebiasaan membaca. Kebiasaan menulis juga membuat kita terbiasa mengungkapkan ide atau pendapat. Kebiasaan menulis juga meningkatkan kemampuan menganalisa suatu masalah dan melatih keobjektifan sudut pandang.

Happy Monday! 🙂

Artikel Terkait:

Harus Diakui, Banyak Mahasiswa “Gagap” Menulis – Kompas.com

Tahun 2012 – Tahun Menulis (Joko Waluyo)

Sumber Ilustrasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s